Tutorial
Belajar Mengetik di Microsoft Office Word untuk Pemula - Tutorial
Lengkap 2015 - Belajar Mengetik Asyik dan Menyenangkan
Microsoft
Office Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat
populer. Ada beberapa versi dari program ini, versi terbarunya adalah
Microsoft Office Word 2013, sebelumnya ada Microsoft Office Word 2010,
2007, 2003, dan seterusnya. Dalam Tutorial Belajar Mengetik di Microsoft
Office Word untuk Pemula ini, kami akan membahas penggunaan Microsoft
Office 2007 dan 2010 saja.
Tutorial
mengetik ini akan kami sajikan dalam bentuk latihan mengetik. Oleh
karena itu, ikutilah setiap petunjuk yang kami berikan.
Tutorial Belajar Mengetik Terbaru 2015 di Microsoft Office Word untuk Pemula
Materi 1 : Mengetik dengan Microsoft Office Word
Petunjuk :
- Ketiklah naskah di bawah ini!
- Berikanlah efek pencetakan seperti aslinya!
- Simpanlah dengan nama Latihan-1!
BEKERJA
DENGAN MS. WORD UNTUK WINDOWS
Tekan Tab pada
keyboard sebagai tanda alinea baru bila akan memulai sebuah pengetikan. Seperti
judul di atas klik ikon B untuk
menebalkan huruf dan ikon U
untuk memberikan garis bawah dan ikon I untuk huruf miring.
Dalam sebuah pengetikan umumnya kita menggunakan ikon Justify (Ctrl+J) untuk perataan kiri
dan kanan. Adapun untuk perataan tengah seperti judul naskah klik ikon Center (Ctrl+E), untuk perataan kiri
seperti penulisan tanggal pada surat klik ikon Right (Ctrl+R), dan untuk perataan kiri klik ikon Left (Ctrl+L).
Di samping menu-menu di atas, masih banyak menu-menu yang
lain seperti ikon Save (Ctrl+S) untuk
menyimpan file, icon New (Ctrl+N)
untuk membuat lembar kerja baru, dan ikon Open
(Ctrl+O) untuk memanggil file yang sudah tersimpan.
Cara Kerja pada Microsoft Office Word 2007
- Untuk mengetik judul klik Home pada Menu bar, klik ikon Center (Ctrl+E) untuk rata tengah.
- Untuk pengetikan naskah klik ikon Justify (Ctrl+J) untuk perataan kiri kanan.
- Tekan Tab pada keyboard sebagai tanda alinea di setiap alinea.
- Untuk menyimpan file klik Office Button kemudian pilih Save atau tekan Ctrl+S pada keyboard, ketik nama file dan pilih Save.
- Untuk menyimpan kembali dengan nama baru, klik Office Button dan pilih Save As..., ketik nama file baru dan pilih Save.
- Untuk mengetik judul klik Home pada Menu bar, klik ikon Center (Ctrl+E) untuk rata tengah.
- Untuk pengetikan naskah klik ikon Justify (Ctrl+J) untuk perataan kiri kanan.
- Tekan Tab pada keyboard sebagai tanda alinea di setiap alinea.
- Untuk menyimpan file klik File kemudian pilih Save atau tekan Ctrl+S pada keyboard, ketik nama file dan pilih Save.
- Untuk menyimpan kembali dengan nama baru, klik File dan pilih Save As, ketik nama file baru dan pilih Save.
Office 2007
Office 2010