YASTI

Adds

Rabu, 04 Agustus 2021

Materi 2 kelas IX Content Manajemen System

  Aplikasi Content Manajemen System (CMS)

 


    A.   Pengertian Content Management Sistem (CMS)

Content Management System (CMS) yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun, menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs website.

Dengan menggunakan CMS, orang yang akan membuat sebuat website akan sangat dipermudah karena tidak dibutuhkan kemampuan atau penguasaan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP. CMS akan memanjakan penggunanya karena orang yang akan menyusun sebuah website tinggal melakukan pengaturan sederhana.

Ada banyak website yang bisa dibangun dengan menggunakan CMS seperti website perusahan, bisnis, organisasi, portal berita, aplikasi toko online (ecommerce), website pribadi/blog, sekolah, instansi pemerintah atau swasta, galeri foto, dan masih banyak yang lainnya. CMS ini penggunaannya lebih bersifat umum yang artinya tidak terbataspada suatu website tertentu saja. CMS bisa digunakan untuk mengembangkan website dalam bidang pendidikan, perusahaan, organisasi, atau hobi.


Klik disini Materi 2 Kelas IX (Conten Manajemen System) 


B. Fungsi Content Management Sistem (CMS)

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa CMS akan memberikan banyak kemudahan kepada seorang yang akan membuat atau mengelola sebuah website, dari situ dapat disimpulkan beberapa fungsi dari CMS yaitu.

1.       Memberikan kemudahan orang yang akan membuat website.

2.       Memberikan kemudahan dalam mengelolaan konten website.

3.       Memberikan kemudahan dalam pencarian data yang ada pada website


C. Macam-macam Content Management Sistem (CMS)

Saat ini banyak perusahaan pengembang CMS yang menawarkan kepada pengguna baik yang bersifat gratis (free) ataupun yang berbayar, berikut beberapa CMS yang sering digunakan oleh masyarakat.

4. Wordpress

Wordpress merupakan salah satu CMS yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk membangun sebuah website. Pada awalnya Wordpress merupakan CMS dalam jenis blog atau website pribadi, namun seiring dengan perkembangannya banyak pengembang dari pihak ketiga yang mengembangkannya dengan

membuat fasilitas-fasilitas baru yang bisa diaplikasikan pada Wordpress sehingga saat ini Wordpress sudah banyak digunakan oleh organisasi, perusahaan, lembaga pendidikan, dan juga took online. Wordpress merupakan salah satu CMS yang bersifat gratis, namun ada beberapa fasilitas yang dikembangkan oleh pihak ketiga yang mewajibkan untuk membelinya. Bisa dikatakan Wordpress adalah CMS yang bersifat user friendly karena dikenal mudah dalam penggunaannya.


5. Mamboo



Mamboo Open Source yang saat ini dikenal dengan sebutan Mamboo adalah CMS yang bersifat open source atau free software sehingga orang yang akan membangun website bisa mendapatkannya dengan gratis. Mambo banyak menyediakan komponen yang sering dibutuhkan oleh seperti komponen

shopping chart, photo, gallery, forum, pool, calendar website, searching, multi bahasa dan lain-lain. Mamboo juga bisa digunakan di jaringan komputer local, sama seperti Wordpress. Meskipun gratis, beberapa komponen Mambo yang dikembangkan oleh pihak ketiga mengharuskan penggunanya untuk membelinya. Mamboo banyak digunakan oleh perusahaan, instansi pemerintah dan swasta, lembga pendidikan, ecommerce, dan lain-lain.


    6. Joomla

Joomla juga termasuk CMS yang bersifat open source sehingga pihak ketiga bebas untuk memodifikasi serta membuat komponen taupun plugin. Joomla merupkan salah satu CMS yang power full seperti Mamboo sehingga banyak digunakan oleh instansi, perusahaan, lembaga pendidikan, dan took online. Joomla daritahun ke tahun selalu mengalami pengembangan, ini bisa dilihat dari versinya yang selalu berubah. Pengguna bisa mendapatkan software Joomla dan komponen- komponen lainnya secara gratis di website resminya yaitu joomla.org.

   7. Drupal


Drupal juga menjadi salah satu CMS terbaik ini dikarenakan pada tahun 2008 Drupal adalah CMS yang banyak digunakan oleh pengembang website. Drupal juga termasuk CMS yang free licency sehingga pengguna bebas mendownload dan menggunakannya. Fasilitas yang diberikan oleh Drupal juga hamper sama dengan

Joomla dan Wordpress, namun akhir-akhir ini popularitas dari Drupal kalah dengan Wordpress. Meskipun demikian Drupal tetap dianggap sebagai CMS yang mempunyai system keamanan yang lebih bagus dari pada CMS lainnya.


8. Moodle

Moodle adalah CMS yang dikembangkan untuk dunia pendidikan. Tidak sedikit sekolah dan perguruan tinggi yang memanfaatkan CMS ini, bahkan tenaga pendidik pun ada yang memanfaatkan CMS Moodle secara mandiri untuk menerapkan pembelajaran online. Fitur yang lengkap dari Moodle menjadikan CMS ini menjadi idola dunia pendidikan saat ini. Dengan Moodle, guru dapat membuat kelas-kelas serta memberikan materi dan penilaian secara online. Selain bisa digunakan secara online, Moddle juga bisa digunakan dengan menggunakan jaringan offline (jaringan local)


    9. Blogspot

Blogspot adalah salah satu CMS gratis yang banyak digunakan oleh penggemar blog. Blogspot merupakan CMS yang lebih bersifat sebagai catatan pribadi yang di unggah ke internet yang dikenal dengan nama blog. Banyaknya pengguna blogspot dikarenakan hanya dengan modal email sudah bisa mendaftar ke blogspot. Namun meskipun blogspot banyak digunakan tetap ada kelemahannya, seperti tidak bisa digunakan secara offline (melalui jaringan lokal).

Cara Mendaftar Blog

Dalam sub bahasan kali ini akan dibahas cara mendaftar ke blogspot untuk membuat blog pribadi. Diharapkan nantinya masing-masing siswa mempunya blog sendiri. Perlu diketahui syarat untuk bisa mendaftar blogspot adalah harus mempunyai email google (gmail). Berikut langkah-langkah membuat blog dengan CMS blogspot.

1. Buka situs dengan alamat blogger.com, tampilan situsnya seperti di bawah ini








    2. Klik CREATE YOUR BLOG setelah itu masukkan email dan password email.















3.  Isi judul blog sesuai dengan konten yang akan diisikan dalam blog, contoh Dunia Olahraga, Blog Pribadiku, Toko Sepatu Online, Wisata Kuliner dan lain-lain.

4. Isi Alamat blog, contoh dunia olahraga.blogspot.com, suyantoblog.blogspot.com, wisatakuliner24.blogspot.com, dan lain-lain. Biasanya bila alamat yang dimasukkan sudah dipakai orang lain maka akan disuruh mengganti dengan alamat lain ditandai dengan peringatan tulisan “Maaf, blog ini tidak tersedi”.

5.   Pilih Tema yang diinginkan, Tema atau disebut juga Template adalah tampilan dari blog yang diinginkan. Disediakn beberapa Tema standar, bila menginginkan tem yng lain bisa memodifikasi sendiri atau memnfatkan tema dari pihak ketiga.

6.    Klik Buat Blog.

7.    Selesai.


Klik disini Materi 2 Kelas IX (Conten Manajemen System) 






Selasa, 03 Agustus 2021

Materi Binis Online Kelas XII

Bisnis Online 

Download disini materi BisnisOnline

 Internet menyajikan banyak peluang langsung di hadapan Anda. Bisnis pun tak terkecuali. Mau belajar bisnis online, mencari peluang bisnis, hingga membuka usaha sendiri ─ semuanya bisa dilakukan.

Ketika bicara bisnis pun, internet tak hanya membuka satu kemungkinan, tapi banyak! Mulai dari bergabung program afiliasi, menjadi blogger, membuka toko online, menjual produk lewat marketplace, sampai menjalani bisnis dropship.

Bermacam peluang ini nampak begitu berbeda satu dengan yang lain. Seolah, ketika Anda ingin menjalani satu bisnis, Anda tak bisa belajar model bisnis lainnya. Padahal prinsipnya, berbagai model bisnis online di atas memiliki kemiripan antara satu dengan yang lain.

Misalnya, semua model bisnis yang disebutkan pasti melakukan sebagian besar langkah-langkah di bawah ini:

  • Riset peluang bisnis
  • Membuat toko online / mempersiapkan kebutuhan teknis
  • Mempromosikan barang dagangan
  • Menarik lebih banyak calon pelanggan potensial
  • Mempertahankan pelanggan-pelanggan setia

Maka dari itu, kami menjelaskan cara belajar bisnis online lengkap melalui artikel ini. Apapun model bisnis yang Anda pilih untuk jalankan, artikel ini akan membantu Anda memahami aspek teknis dan strategis yang perlu disiapkan.

Di sepanjang artikel ini, kami juga akan menyelipkan berbagai URL menuju artikel dan materi cara belajar bisnis online. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan artikel blog dan ebook yang akan kami bagikan ya.

Manfaat Bisnis Online

Sebelum lebih jauh membahas cara memulai bisnis online, Anda perlu tahu alasan di balik perlunya menjalankan model bisnis ini. Ketika Anda memahami keuntungan dan manfaat di baliknya, tentu Anda memiliki alasan yang kuat untuk menjalankan bisnis online.

Berbeda halnya ketika Anda hanya tahu setengah-setengah soal bisnis online. Kemungkinan besar, Anda cepat bosan dan menyerah ketika sedang menjalankan bisnis. Makanya, bagian ini akan memaparkan manfaat dari menjalankan bisnis online. Berikut adalah beberapa manfaat menjalankan bisnis online bagi pemula:

  • Memperluas cakupan pasar. Bisnis online membuat siapa saja bisa mengunjungi toko Anda. Tak ada batasan wilayah. Ini membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, bisa juga calon pelanggan Anda berasal dari luar negeri.
  • Lebih efektif dijalankan. Bisnis online sangat berbeda dengan bisnis offline. Bisnis di internet tak mengharuskan Anda menyewa tempat strategis ataupun gudang. Mengingat mahalnya harga sewa bangunan, bisnis online membuat Anda bisa memulai usaha tanpa dibebani hal administrasi dan urusan teknis yang memakan banyak biaya. Dengan kata lain, Anda bisa menghemat biaya dan menjalankan bisnis dengan lebih efektif.
  • Fleksibel. Bisnis online juga sangat fleksibel untuk dijalankan. Bukan cuma karena tak perlu tempat yang luas atau strategis, melainkan karena waktunya pun fleksibel. Anda bisa mengatur jam buka atau tutup toko dengan bebas. Jika mau, Anda pun bisa membuka toko online selama 24 jam sehari, dalam seminggu.

Ketiga manfaat di atas sekilas nampak remeh. Akan tetapi, jika dipikirkan, justru membuka celah dan potensi bisnis yang strategis. Apalagi jika dibandingkan dengan bisnis offline yang membutuhkan modal besar dan risiko yang sama besarnya.

Melihat tiga bentuk manfaat di atas, ada beberapa tipikal orang yang diuntungkan dengan model bisnis online. Orang-orang yang menyukai fleksibilitas dan baru mencoba memulai bisnis adalah yang paling diuntungkan. Misalnya, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan freelancer adalah yang paling cocok untuk menjajal berbisnis online.

Panduan Memulai Bisnis Online

Setelah bicara soal manfaat, saatnya belajar lebih lanjut soal bisnis online. Di bawah ini kami menyusun panduan lengkap belajar bisnis online dari langkah per langkah. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami hal teknis dan strategis yang perlu dilakukan.

Kami juga akan menaruh berbagai tautan artikel, ebook, dan materi lain sesuai dengan topiknya. Semoga materi-materi tambahan di bawah bermanfaat buat Anda.

1. Riset peluang bisnis

Untuk memulai bisnis online, riset merupakan langkah pertama yang krusial. Dengan riset, Anda jadi tahu benar apa yang akan dilakukan dan bagaimana prospek keberhasilan bisnis Anda. Lewat riset pula, Anda bisa tahu menyusun strategi dan membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.

Namun, banyak orang masih sering melakukan kesalahan ketika meriset. Pemula biasanya sudah memiliki produk yang ingin dijual. Lalu, mereka melakukan riset sebatas untuk tahu strategi kompetitor atau cara membuat promosi yang menarik.

Cara riset semacam itu bisa dibilang berisiko. Sebabnya, Anda semacam memaksakan sebuah produk untuk bisa diterima dan dibeli oleh pelanggan. Bisnis bisa saja berjalan, tapi bisa dijamin, takkan bertahan lama.

Lalu, apa yang perlu dilakukan?

Mulai dengan riset potensi pasar. Coba cari tahu apa yang paling dibutuhkan oleh calon pelanggan Anda. Cari tahu juga apakah ada pelaku bisnis yang sudah melihat potensi tersebut. Untuk bisa mendapatkan gambaran yang tepat, coba lakukan hal ini:

  • Pastikan Anda memahami niche bisnis yang akan Anda geluti. Ini akan membantu Anda mengetahui, menyusun strategi, dan memprediksi dinamika bisnis ke depannya.
  • Coba ikuti diskusi di forum diskusi semacam Quora, grup Facebook, dan berbagai channel social media lainnya. Lihat topik atau masalah apa yang menarik minat mereka. Tanyakan pada diri sendiri, apakah ide bisnis Anda menjawab kebutuhan calon pelanggan?
  • Ikuti tren dan coba riset kata kunci yang sering dicari pengguna internet. Dari kedua hal ini, Anda bisa lebih memahami perilaku dan preferensi calon pelanggan Anda. Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan tools seperti Google Trends.
  • Cek bagaimana kompetitor menjalankan bisnisnya. Perhatikan website dan marketplace bisnis milik kompetitor. Apa kelebihan mereka? Apa kekurangan mereka? Apakah Anda bisa membuat versi lebih bagus daripada kompetitor? Terkadang, Anda tak perlu ide original untuk memulai bisnis. Anda hanya perlu melakukan hal yang lebih baik dibandingkan kompetitor.

Jika Anda sudah menemukan target pelanggan yang potensial, berikut dengan produk yang ingin dijual, saatnya kita membahas model bisnis yang paling tepat untuk dikerjakan.

2. Mencari model bisnis online paling strategis

Riset Anda tak berhenti di target pelanggan dan produk yang akan dijual. Selanjutnya, Anda perlu memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan. Karena meski Anda menjual produk yang sama, cara menjualnya bisa berbeda-beda.

Supaya lebih paham, kita langsung bicara contoh saja. Katakanlah Anda tertarik untuk menjual tablet khusus untuk membaca ebook. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual lewat website atau marketplace.

Lain halnya ketika Anda belum memiliki modal. Anda perlu bekerja sama dengan supplier yang menjual tablet, lalu menjual tablet tersebut melalui sistem dropship. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir dengan stok produk dan inventorinya.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Dropship? Simak Dahulu Artikel Ini

Skenario lain tak melibatkan penjualan produk fisik. Jika Anda merasa nyaman menjadi blogger dan bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk, maka bisa jadi anda cocok untuk terlibat dalam skema affiliate marketing atau menjadi publisher via Google Adsense.

Dengan program afiliasi, Anda akan mendapatkan link atau kode spesifik yang dipakai calon pelanggan untuk berbelanja. Jika calon pelanggan berbelanja lewat link atau menggunakan kode spesifik dari Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

Baca juga: 6 Peluang Bisnis Online Modal Kecil Hasil Menjanjikan

Apapun pilihan model bisnis online Anda, pada akhirnya Anda tetap perlu mempersiapkan hal teknis untuk menjalankan bisnis online. Di bagian selanjutnya, kami akan membahas cara menampilkan bisnis online lewat website dan marketplace.

3. Membuat website

Ketika berbisnis online, memiliki website adalah sesuatu yang tak bisa ditawar. Website adalah showcase yang membuat bisnis Anda lebih dikenal. Tidak hanya itu saja, adanya website membuat bisnis Anda memiliki reputasi lebih.

Faktanya, 53 persen konsumen lebih memilih brand yang memiliki website dibandingkan hanya memiliki media sosial. Sebanyak 89 persen pelanggan juga menyatakan bisnis yang berwebsite terlihat lebih terpercaya. Dengan website bisnis Anda juga lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Jika Anda serius menjalani bisnis online, website adalah investasi jangka panjang yang perlu digarap serius. Sebab, reputasi bisnis dan website Anda akan terbangun seiring berjalannya waktu. Hal ini lah yang akan membedakan bisnis Anda dengan yang dimiliki kompetitor lainnya.

Supaya Anda lebih paham bagaimana cara membuat website ecommerce, Anda bisa baca artikel ini: Membuat Toko Online Mudah Untuk Pemula. Artikel tersebut merangkum langkah-langkah membuat website. Mulai dari berlangganan web hosting, menginstall WordPress, mengatur WooCommerce, hingga mengunggah foto dan keterangan produk. Jika Anda ingin memahaminya secara lebih detil dan langkah demi langkah, silakan ikuti course gratis kami, WooCommerce Dasar dan WooCommerce Practical.

Baca juga: 25 Plugin dan Tools Wajib untuk Website Bisnis Online

Anda pun tak perlu khawatir soal harga. Mulai Rp84.564 per bulan, Anda sudah bisa mendirikan website bisnis Anda sendiri. Lengkap dengan domain gratis, fitur keamanan website, penangkal spam, unlimited disk space, dan customer service 24 jam.

4. Mempromosikan produk

Setelah memiliki website, Anda tetap perlu mempromosikan produk Anda. Akan tetapi, tentu cara promosinya berbeda dengan bisnis-bisnis offline kebanyakan.

Anda masih bisa menyewa baliho atau slot tayang untuk beriklan. Sayangnya, cara promosi semacam ini takkan efektif dalam jangka panjang. Sewa tempat iklan bisa saja habis. Toh, iklan semacam itu hanya akan membantu orang mengakses website Anda. Soal mereka membeli dari website, itu urusan lain.

Maka dari itu, Anda perlu ikut memaksimalkan promosi produk lewat website itu sendiri. Untuk tahu lebih lanjut Anda bisa baca Cara Memulai Bisnis Online Modal Kecil Bagi Pemula. Di artikel tersebut kami banyak mengulas cara mempromosikan produk di dalam website.

Download Ebook: 9 Marketing Channel Terbaik

Selain mendesain konten promosi di web, cara lain untuk mengiklankan produk ialah lewat media sosial. Strategi promosi ini masih bisa dikatakan efektif dibandingkan promosi offline. Di samping itu, sama seperti website, media sosial merupakan investasi bagi reputasi bisnis Anda.

Nyatanya, media sosial memang kerap dipakai pelanggan untuk berkomunikasi dengan brand. Separuh pengguna media sosial tercatat pernah berinteraksi dengan media sosial milik brand, setidaknya lebih dari sekali dalam waktu sebulan. Dari mereka, sebanyak 71 persen yang merasa puas dengan interaksi tersebut, akan merekomendasikan brand tersebut ke kenalannya.

Baca Juga: 10 Tips Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Terlepas dari mediumnya, baik itu website maupun media sosial, ada beberapa strategi promosi yang perlu Anda ingat dan terapkan. Umumnya, strategi ini juga dipakai di berbagai agensi iklan dan brand-brand kenamaan. Berikut penjelasannya secara ringkas.

  • Mulai dengan judul yang menarik. Kalimat pertama dalam iklan menentukan apakah calon pelanggan akan membaca promosi Anda atau tidak. Jadi, pastikan Anda membuat materi iklan yang semenarik mungkin.
  • Jelaskan mengapa pelanggan membutuhkan Anda. Kadang pelanggan tidak butuh penjelasan terlalu lengkap soal fitur dan kelebihan produk. Pelanggan hanya peduli bagaimana produk yang Anda jual bisa bermanfaat baginya.
  • Pampang testimoni pelanggan lainnya. Penilaian orang lain atas produk Anda akan membantu pelanggan memutuskan membeli produk atau tidak. Dengan menampilkan testimoni positif, Anda bisa meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk usaha Anda.
  • Jelaskan kelebihan produk. Sebutkan satu atau dua kelebihan produk yang tak dimiiki oleh kompetitor. Anda akan menghemat waktu calon pelanggan dengan menyuguhkan fitur terpenting yang perlu diketahui.
  • Buat promo dan penawaran terbatas. Ini adalah satu teknik psikologi yang membuat calon pelanggan bergegas membeli produk Anda.

Tentu saja Anda tak wajib menggunakan semua strategi dalam satu konten promosi. Anda bisa menggunakan beberapa saja di antaranya untuk satu konten. Lalu, menggunakan lainnya untuk konten promosional yang berbeda.

Baca juga: Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Online

5. Mempertahankan pelanggan-pelanggan setia

Anda bisa saja terus menargetkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Tapi jangan lupa, pelanggan lama juga sama pentingnya.

Justru membuat promosi untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mahal ongkosnya. Apalagi jika dibandingkan dengan merawat pelanggan lama Anda. Ongkos untuk mendapatkan pelanggan baru bahkan bisa mencapai 25 kali lipat dibandingkan dengan merawat hubungan dengan pelanggan setia.

Jika Anda fokus mendorong transaksi dari pelanggan lama hingga 5 persen saja, Anda bisa meningkatkan keuntungan dari 25 hingga 95 persen. Luar biasa, bukan? Lalu, bagaimana caranya mempertahankan pelanggan?

Dedikasikan Customer Support untuk pelanggan. Sebuah penelitian menyebut “tidak diapresiasi” sebagai alasan pelanggan tak mau lagi membeli sebuah produk. Padahal akan ada saatnya produk atau pelayanan Anda kurang prima. Akan ada kalanya juga pelanggan Anda memiliki pertanyaan atau komplain soal brand.

Jika Anda tak mampu menangani keluhan pelanggan, bersiaplah untuk kehilangan para pelanggan setia. Maka dari itu, Anda baiknya menginvestasikan customer support untuk brand Anda.

Loyalty card. Loyalty card adalah salah satu cara mengajak pelanggan untuk terus membeli dan menggunakan sebuah brand. Sistem loyalty card pada umumnya memberikan poin tertentu yang ditabung hingga nilai tertentu. Kemudian, pelanggan akan mendapatkan hadiah atau produk gratis.

Sistem ini cukup efektif digunakan untuk model bisnis B2C. Produk-produk retail atau kebutuhan sehari-hari biasanya banyak mengadopsi loyalty card. Sebab, produk macam itulah yang pembeliannya berulang.

Jika Anda tertarik mengadopsi sistem loyalty card, pastikan Anda memberi banyak opsi bagi pelanggan untuk mendapat poin. Tidak hanya membeli, Anda bisa memberikan poin untuk review atau membagikan konten tentang brand.

Email marketing. Tak semua pelanggan mengikuti media sosial sebuah brand. Mereka juga tak tentu mengecek website atau marketplace brand Anda. Makanya, menghubungi pelanggan lewat email adalah cara yang lebih efektif.

Komunikasi lewat email atau email marketing merupakan cara yang efektif nan personal. Dengan cara ini, Anda bisa mempromosikan produk-produk terbaru ke segmen pelanggan yang spesifik.

by : Ece Lestaria 


Senin, 02 Agustus 2021

Materi Kelas VIII Bab I Mengenal Internet dan Jaringan Lokal

 

MENGENAL INTERNET DAN INTRANET

 

A. PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

1. Internet

Internet adalah singkatan dari  interconnected network, yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan perpindahan data antar komputer meski terpisah jarak yang jauh. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari suatu komputer ke komputer lain  dengan waktu yang cepat, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut.

Internet dapat menghubungkan komputer yang berada di ratusan negara dan departemen atau instansi. Melalui Internet semua dapat mencari informasi berupa teks, grafik, suara, maupun video. Siapapun yang terhubung dala jaringan memungkinkan untuk mengakses berbagai informasi. Jaringan internet dapat pula berfungsi sebagai media konferensi.

Internet bukan lagi menjadi istilah yang asing lagi bagi sebagian masyarakat. Bahkan, orang awam sekalipun, kata-kata world wide web (www) sudah menjadi bahasa keseharian mereka. Situs-situs web menampilkan informasi apapun dari berbagai penjuru dunia, tidak peduli seberapapun jauhnya.


Download disini Materi Kelas 8 MTS. YASTI 1 

Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel. Diantara komputer dapat berinteraksi sehingga data yang terdapat di komputer lain dapat diakses oleh komputer kalian. Sebaliknya, data yang ditampilkan di komputer kalian dapat diakses oleh komputer lain. Keadaan ini memunculkan istilah world wide (mendunia) sehingga world wide web (www) artinya jaringan yang mendunia.

Karena hal-hal tersebut, maka perkembangan web menjadi sangat cepat. Saat ini, web tidak sekedar menampilkan informasi saja, namun fungsi web makin meluas. Bahkan, belakangan ini muncul istilah e-learning, e-commerce, e-government, virtual university, dan sebagainya, yang semuanya menggambarkan pemanfaatan tegnologi informasi, termasuk web sebagai media penyampaian dan pengambilan informasi.

2. Intranet

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya.



Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Salah satu hal yang terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan (network security). Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewall dan enskrinsi sehingga menjadi  ketika diterapkan dalam intranet.

 

Pengguna intranet  di dalam suatu perusahaan dapat mendatngkan beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Dapat meningkatkan produktivitas kerja
  2. Efisiensi waktu
  3. Komunikasi menjadi lancar
  4. Dapat meningkatkan operasional manajemen
  5. Memunculkan pemikiran perubahan budaya sehingga budaya kerja ke yang lebih baik

B. PERBEDAAN DAN PERSAMAAN INTERNET DAN INTRANET

PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET

Internet

  • Bersifat publik (untuk kepentingan umum)
  • Pada umumnya digunakan oleh banyak orang
  • Dapat diakses oleh siapa saja
  • Informasi yang tersedia melimpah dan tak terbatas
  • Merupakan kumpulan dari LAN, WAN, dan MAN

Intranet

  • Bersifat pribadi (untuk keentingan organisasi)
  • Pada umumnya hanya digunakan dalam perusaan
  • Hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
  • Informasi yang tersedia spesifik (untuk perusahaan)
  • Umunya merupakan jaringan LAN, WAN, atau MAN

 

PERSAMAAN INTERNET DAN INTRANET

  • Merupakan sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan teknologi
  • Sama-sama dapat digunakan berhubungan antar komputer
  • Sama-sama menggunakan perangkat lunak protocol TCP/IP, dan HTTP, sehingga keduanya memiliki fasilitas seperti e-mail, FTP, dan sebagainya.

C. PERKEMBANGAN INTERNET

Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang disebut ARPAnet. Ini bertujuan untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar dan menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan 4 buah situs saja, yaitu Stanford Research Insttute (SRI), University of California at Santa Barbara (UCSB),  University of California at Los Angeles (UCLA), University of Utah

Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa salingberkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPAnet.

Tahun 1973, jaringan komputer ARPAnet mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer , dan ditahun yang sama muncul istilah surfing the internet.

Sementara , kita di Indonesia baru bisa menikmati layanan internet komersil sekitar tahun 1994.

D. INTERNET DI INDONESIA

Di Indonesia, jaringan internet mulai berkembang pada tahun 1983 oleh Dr. Joseph F.P Luhukay di Universitas Indonesia, barupa UINet. Baru sebagian kecil penduduk Indonesia yang menggunakan internet untuk berkomunikasi dan mencari berbagai informasi. Dalam internet terdapat HAKI yaitu Hak Atas Kekayaan Intelektual yang artinya hak eksklusifyang diberikan kepada seseorang atau sekelompuk orang atas karya ciptanya. Oleh karen itu, terkadang kalian harus membayar saat mendownload file atau program tertentu.

E. KEGUNAAN INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dengan menggunakan internet, maka dapat diperoleh berbagai keuntungan, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sarana Mendapat Informasi dengan Cepat
  2. Sarana komunikasi Dengan Biaya Murah
  3. Membentuk Kelompok Diskusi atau Bisnis
  4. Sarana Promosi
  5. Mencari Lowongan Kerja dan Beasiswa
  6. Sarana Hiburan  
  7. Media Pertukaran Data

F. DAMPAK NEGATIF TEGNOLOGI INTERNET

Beberapa dampak negatif tegnologi internet dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Ancama Virus, Trojan, dan Sejenisnya
  2. Ancaman Pencurian Data dan Informasi
  3. Memasuki, Memodifikasi, atau Merusak Situs web
  4. Menyebarnya Budaya Negatif Secara Luas
  5. Pemborosan