YASTI

Minggu, 10 Oktober 2021

Jenis-Jenis Iklan Online

 IKLAN ONLINE & JENIS-JENIS IKLAN ONLINE

Download Materi Bisnis Online Jenis-Jenis Iklan Online

 

Pengertian Iklan Online

  • Iklan online atau Online Advertising adalah Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan.

  • Iklan Online adalah upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar. Iklan online juga biasa digambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jasa lewat dunia maya, yang tujuannya tidak lain adalah untuk meraih keuntungan dari kegiatan penjualan.


Jenis-jenis Iklan Online

Dibawah ini merupakan jenis-jenis iklan online yang sering dijumpai ketika kita sedang berselancar di dunia maya :

  1. Direct Advertising

Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Kelebihan direct advertising ini proses promosinya cepat.
Kekurangannya yaitu jarang orang yang berkunjung untuk membeli produk online.

Dibawah ini merupakan salah satu contoh Direct Advertising dari website Oz Radio Bandung

sumber : www.ozradiobandung.com

sumber : http://www.ozradiobandung.com

www.ozradiobandung.com

sumber : http://www.ozradiobandung.com




hBelanja Kebutuhan Komputer dan Laptop dengan Online yang terpercayadi shopee Mall ttps://shopee.co.id/universal-link/Computer-Accessories-cat.11044364?utm_



Alasan : menurut saya gambar diatas termasuk direct adverising karena di dalam website http://www.ozradiobandung.com menyediakan space iklan bagi para calon yang berminat untuk memasang iklan di website tersebut yang diperkuat dengan tulisan “advertise here”, kemudian oz radio Bandung juga mempermudah bagi calon pengiklan dengan membuat tulisan “contact us” sehingga calon pemasang iklan dan pemilik media dapat berkontak langsung. Space iklan yang disediakan berada di bagian atas website dengan ukuran 670 X 100.


2. Self-service Advertising


Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.
Kelebihan Self-service Advertising yaitu pemasang iklan sesuai dengan apa yang di tampilkan di iklan dan barang tersebut merupakan barang dari prouknya sendiri
Kekurangan Self-service Advertising salah satunya yaitu banyak barang yang hampir menyerupai barang yang di pasarkan sehingga orang bisa melihat sebelah mata.

Berikut adalah salah satu contoh self-service advertising dari website http://www.smartfren.com

sumber : www.smartfren.com

sumber : http://www.smartfren.com

Alasan : mengapa saya mengatakan ini adalah self-service advertising karena si pengiklan bebas menentukan seberapa besar iklan dan tampilan iklan itu sendiri mulai dari tulisan, warna hingga posisi dan yang terpenting adalah semua itu dilakukan sendiri

  1. Ad Networks

Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin
Kelebihannya yaitu biaya pemasangan iklan ini tergolong murah,
Kekurangannya yaitu tidak banyak orang mengenal dan jarang orang masuk kedalam situs tersebut.

 

Dibawah ini merupakan contoh dar Ad Networks yang di ambil dari website http://www.stafa.com:

 www.stafa.com

http://www.stafa.com

Alasan : saya bisa langsung mengetahui bahwa ini termasuk ke dalam jenis iklan online Ad Networks karena di dalam iklan tesebut ada tulisan “Sponsored Links” jadi jelas ketika pengunjung http://www.stafa.com  mengklik pada bagian iklan Lazada.com akan langsung terhubung ke halaman home lazada.com.

 

 

 

  1. Contextual Advertising

Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

Kelebihannya yaitu banyak orang yang mengakses iklan ini dan iklan ini sangat menguntungkan bagi orang yang sudah terlibat dan karena iklan tersebut menjanjikan dengan keuntungan yang membuat calon konsumen tertarik untuk mencoba

Kekurangannya karena dipilih secara otomatis dan prosedur yang rumit

Dibawah ini merupakan contoh Contextual Advertising yaitu Ads.id

Sumber : www.ads.id

Sumber : http://www.ads.id

Alasan : menurut saya website ini masuk ke dalam kategori Contextual Advertising karena memang dikhususkan untuk orang yang ingin memasang iklan, jadi siapapun yang ingin beriklan bisa registrasi ke dalam website ini. kontent nya pun sama dengan yang di iklankan.
5. Twitter Advertising


Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.


Kelebihan Twitter Advertising adalah iklan yang disebarkan sangat cepat di respon oleh calon konsumen dan dengan adanya twiiter maka konsumen bisa mendapatkan iklan tersebut dimanapun dan kapanpun


Kekurangan yaitu banyak orang yang hanya memaca iklan tersebut dan tidak tergiur untuk mencobanya, dikarenakan kurangnya post gambar dan mengandalkan teks saja.

Berikut adalah contoh twitter advertising yang saya temukan di akun @infojakarta

sumber : twitter.com/infojakarta

sumber : twitter.com/infojakarta

Alasan : saya kira ini sudah sangat jelas sekali ya, bahwa iklan ini berasal dari twitter dan jika dilihat lagi isi tweet nya juga promosi atau mengiklankan sebuah acara dan tempat. tentunya mereka yang ingin berpromosi atau mengiklankan kegiatanya harus terlebih dahulu mengkontek admin @infojakarta agar bisa di post di dalam timeline.


6. In-Text AdvertisingSumber : www.google.com


Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Kelebihandengan cepat bisa d lihat oleh calon konsumen.
Kekurangan, kurangnya respon dari calon konsumen.

Berikut adalah contoh In-Text Adverising ketika saya memasukan keyword “Hotel murah di Bandung” di Google.com

 

Sumber : http://www.google.com

Alasan : gambar diatas termasuk in-text advertising karena ketika saya memasukan keywords “hotel murah di bandung” di google.com maka munculah iklan-iklan di atas dengan tanda Ad dna bintang. yang dimana muncul website yang berhubungan dengan keywords misalnya saja agoda.com dan traveloka.com.

 

 

 

 

 

7. Ad Network Optimization


Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya.


Kelebihan visualisasi dari iklan ini sangat menarik dan bisa menarik orang untuk mengunjunginya.
Kekurangannya, kurangnya di kenal oleh orang, sehingga orang-orang jarang untuk melihat iklan dalam situs ini.

Berikut adalah contoh Ad Network Optimization dari iklan Pop Mie yang ada di website http://www.hai-online.com :

sumber : hai-online.com

sumber : hai-online.com

Alasan : karena iklan pop mie di dalam situs ini sangat besar, bisa dikatakan menjadi backgroundnya. ini menandakan bahwa pop mie membayar cost paling besar. jika dilihat lebih jauh iklan ini juga sangat mencolok sehingga menarik perhatian orang yang berkunjung ke website ini.

8. Rep Ad Agencies


Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar.


Kelebihan yaitu karena d bantu oleh pihak agensi yang membantu strategi pemasaran melalui bentuk iklan ini.


Kekurangan biaya pengeluaran iklan akan lebih besar,karena menggunakan agensi untuk perantara pengiklanannya

dibawah ini adalah contoh Rep Ad Agencies yaitu Tribal Fusions.

sumber : tribalfusion.com

sumber : tribalfusion.com

Alasan : jika dilihat pada website nya, tribal fusion menawarkan kepada calon pengiklan untuk menentukan blog apa saja yang diinginkan untuk promosi produk, jasa atau barangnya. di dalam website http://www.tribalfusion.com juga menyatakan bahwa ia merupakan agensi yang dapat membantu seluruh keinginan klien.

 

 

9. Social AdvertisingSumber : youtube.com


Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.

Kelebihan promisi iklan ini yang sekarang marak di gunakan di media sosial dikarenakan banyaknya pengguna jejaring sosial yang dapat menarik konsumen untuk melihat iklan tersebut
Kekurangan jangan hanya di media sosial melainkan memiliki web site pribadi agar lebih efektif dalam penjualannya.

Berikut merupakan contoh social advertising yang di ambil dari http://www.facebook.com

 sumber : www.facebook.com

sumber : http://www.facebook.com

Alasan : facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang hingga saat ini masih banyak penggunanya, walau saat ini jg telah banyak bermunculan jejaring sosial lainnya seperti twittwer dan juga path. maka dari ini facebook juga masih menjadi jejaring sosial yang tepat untuk mengiklakan produk. gambar diatas menunjukan bahwa facebook menyediakan tempat bagi calon pengiklan yang berminat untuk mengiklankan produknya di facebook entah itu produk yang sudah terkenal ataupun yang belum agar menjadi terkenal seperti contoh gambar diatas.

10. Video Advertising


Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu.

Kelebihan iklannya mudah di ingat karena sama seperti apa yang dipasarkan.
Kekurangan jenuh dengan surasi sehingga konsumen banyak mengabaikan

dibawah ini merupakan salah satu contoh iklan yang termasuk video advertising yang diambil dari youtube.com

 

Sumber : youtube.com

sumber : www.youtube.com

sumber : http://www.youtube.com

Alasan : youtube merupakan salah satu search engine untuk video, jadi tak salah apa bila banyak orang berlomba-lomba untuk memasang iklan di youtube. bila dilihat pada gambar pertama iklan dari treseme yang muncul sebelum video tayang, sedangkan untuk gambar kedua, iklan tayang selama video diputar dan juga ada iklan di sebelah kanan.

11. RSS Advertising


Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu.
Kelebihan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan kemungkinan tidak dapat dilihat oleh semua pengguna internet.

 sumber : topranks.com

sumber : topranks.com

Alasan : bahwa konten memang sudah disesuaikan, jika dilihat di dalam website ini ada bentuk iklan RSS Feed. sehingga memudahkan bagi yang melihatnya.

12. Sponsorship

Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner
Kelebihannya sangat bagus untuk mengiklankan produk yang sedang unggul
Kekurangannya yaitu kurangnya penjelasan mengenai produk tersebut


Download Materi Bisnis Online Jenis-Jenis Iklan Online