YASTI

Rabu, 11 Agustus 2021

Materi 2 Kelas VIII > Mengenal Konektivitas Internet Melalui Jaringan Kabel dan Nirkabel

JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL

download Materi Kelas VIII Mengenal Konektivitas Melalui Jaringan Kabel dan Nirkabel

download Materi kelas VIII  Mengenal Konektivitas Melalui Jaringan Kabel dan Nirkabel 

Pengertian Jaringan Nirkabel

1. Jaringan Kabel(wired Netword)



Jaringan Berkabel(wired network) adalah sebuah jaringan yang berfungsi untuk satu komputer dengan komputer lain, diperlukan penguhubung  berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik atau komputer jaringan.

 



Kelebihannya:

1. Relatif murah

2. Tingkat keamanan relatif tinggi

3. Performa / Stabilitas jaringan dan bandwith yang lebih tinggi dan lancer

4. mudah dalam instalasi

5. Biaya yang murah dalam investasi jaringan

Kelemahannya:

1. Kerapian yang kurang(nilai estetika) karena kabel yg berantakan /sembraut

2. Jangkauan dan akses client yang terbatas

3. Susah jika ada perluasan jaringan

4. Wired LAN harus di tempatkan di tempat yang aman

5. Security pada wired LAN akan hilang pada saat kabel jaringan di potong

 2. Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel/wireless adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem [[komputer] tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.

Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.


Kelebihannya:

1. Jaringan rapi dan mempunyai nilai 

         estetika,tidak ada kabel yg sembraut

2. Kemudahan proses instalasi

3. Mudahuntuk perluasan jaringan

4. Pengurangan anggaran biaya

5. Jangkauan luas

6. Pemeliharaan murah


6. Pemeliharaan murah

7. Infrastruktu berdimensi kecil

Kelemahannya:

1. Gangguan gelombang jaringan

2. Keamanan data kurangterjamin

3. Konfigurasi yang lebih rumit

4. Kapasitas jaringan terbatas

5. Biaya investasi cukup mahal

6. Tidak stabil dan terpengaruh cuaca

7. Kapasitas jaringan karena keterbatasan spektrum


JARINGAN KABEL TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER


download Materi kelas VIII  Mengenal Konektivitas Melalui Jaringan Kabel dan Nirkabel 

download Materi Kelas VIII Mengenal Konektivitas Melalui Jaringan Kabel dan Nirkabel

Pengertian Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer adalah metode atau cara yang digunakan agar bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan  komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel atau pun nirkabel (tanpa kabel).

Fungsi Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer berfungsi untuk mengetahui bagaimana masing-masing komputer atau host dalam jaringan komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Topologi Ring


Topologi ring atau sering disebut topologi cincin adalah jenis topologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin. Umumnya, jenis topologi jaringan ring ini hanya menggunakan LAN card agar masing-masing komputer terkoneksi. Gambar Topologi Ring:

Kelebihan Topologi Ring, diantaranya yaitu:

  • Biaya instalasinya murah. 
  • Performa koneksi cukup baik.
  • Proses instalasi dan konfigurasi cukup mudah.
  • Implementasinya mudah dilakukan.

Kekurangan Topologi Ring, diantaranya yaitu:

Jika terjadi masalah, troubleshooting jaringan ini terbilang rumit.

Sangat rentan terjadi tabrakan arus data.

Jika salah satu koneksi bermasalah koneksi pada jaringan akan terputus.

2. Topologi Bus

Topologi bus adalah topologi jaringan yang lebih sederhana. Umumnya topologi jaringan ini dilakukan pada installasi jaringan berbasi kabel coaxial. Topologi bus menggunakan kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Jenis konektor yang digunakan adalah BNC, Terminator, dan TBNC. Gambar Topologi Bus:

Kelebihan Topologi Bus, diantaranya yaitu:

Penambahan client atau workstation baru mudah dilakukan.


Mudah digunakan dan sangat sederhana.

Biaya instalasi murah karena kabel yang digunakan sedikit.

Kekurangan Topologi Bus, diantaranya yaitu:


Sering terjadi tabrakan arus data.

Proses pengiriman dan penerimaan data kurang efisien.

Topologi bus yang lama sulit untuk dikembangkan.

Jika ada masalah pada kabel, misalnya terputus, maka komputer workstation akan terganggu.

3. Topologi Mesh

Topologi mesh adalah sebuah topologi yang bisa digunakan untuk rute yang banyak. Jaringan topologi ini menggunakan kabel tunggal sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat tanpa melalui hub atau switch. Gambar Topologi Mesh :

Kelebihan Topologi Mesh, diantaranya yaitu:

Bandwidth limitnya cukup besar.


Security data pada topologi ini sangat baik.

Tidak terjadi tabrakan arus data karena jalur pengiriman data sangat banyak.

Kekurangan Topologi Mesh, diantaranya yaitu:

Kabel yang dibutuhkan jumlahnya banyak.

Biaya instalasi topologi mesh sangat mahal karena menggunakan banyak kabel.

Instalasinya sangat rumit.


4. Topologi Star


Topologi star atau disebut juga topologi bintang adalah topologi jaringan berbentuk bintang dimana umumnya menggunakan hub atau switch untuk koneksi antar client. Topologi jaringan komputer ini paling sering digunakan saat ini karena memiliki banyak kelebihan. Gambar Topologi Star:

Kelebihan Topologi Star, diantaranya yaitu:

Jaringan topologi ini tetap berjalan baik 

        meski salah satu komputer client bermasalah.

Tingkat keamanan data pada topologi ini cukup baik.

User lebih mudah mendeteksi masalah pada jaringan.

Lebih fleksibel.

Kekurangan Topologi Star, diantaranya yaitu:

Topologi ini terhitung mahal karena menggunakan cukup banyak kabel.

Seluruh komputer dalam jaringan ini akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalah.

Sangat tergantung pada terminal pusat.

5. Topologi Tree



Topologi tree atau topologi pohon adalah hasil penggabungan dari topologi bus dan topologi star. Umumnya, topologi tree digunakan untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda. Gambar Topologi Tree:

Kelebihan Topologi Tree, diantaranya yaitu:

Dapat dan mudah dikembangkan menjadi topologi jaringan yang lebih luas.

Susunan topologi ini terpusat secara hirarki sehingga pengaturan data menjadi lebih mudah.

Kekurangan Topologi Tree, diantaranya yaitu:

Memiliki kinerja jaringan yang lambat.

Penggunaan kabel yang sangat banyak sehingga biaya installasinya mahal.

Kabel backbone merupakan sentral dari topologi ini.

Bila komputer bagian atas bermasalah, maka komputer bagian bawah juga akan bermasalah.

6. Topologi Peer to Peer



Topologi peer to peer adalah topologi jaringan yang sangat sederhana karena hanya menghubungkan 2 komputer. Umumnya topologi peer to peer menggunakan satu kabel saja untuk menghubungkan kedua komputer agar bisa saling berbagai data. Gambar Topologi Peer to Peer :

 

Kelebihan Topologi Peer to Peer, diantaranya yaitu:

Biaya instalasi sangat murah.

Proses instalasi mudah.

Setiap komputer bisa berperan sebagai server atau client.

Kekurangan Topologi Peer to Peer, diantaranya yaitu:

Sangat sulit dikembangkan.

Security dalam topologi ini sering bermasalah.

Proses troubleshooting termasuk rumit.

7. Topologi Linier

Topologi linier atau sering disebut dengan topologi bus berurut. Umumnya topologi ini hanya menggunakan satu kabel utama sebagai konektor masing-masing titik sambungan pada setiap komputer. Gambar Topologi Linier:

Kelebihan Topologi Linier, diantaranya yaitu:

Mudah dikembangkan.

Penggunaan kabel sedikit.

Tata letak topologi linier sederhana dan mudah.

Topologi ini tidak membutuhkan kendali sentral.

Kekurangan Topologi Linier, diantaranya yaitu:

Kepadatan trafik data cukup tinggi.

Keamanan data tidak terjamin.


8. Topologi Hybrid


Topologi Hybrid adalah gabungan dari beberapa topologi yang berbeda dan membentuk jaringan baru. Dengan kata lain, jika ada dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung dalam satu jaringan maka topologi jaringan tersebut akan membentuk topologi hybrid. Gambar Topologi Hybrid:

Kelebihan Topologi Hybrid, diantaranya yaitu:

Bersifat fleksibel.

Penambahan koneksi lain pada topologi ini menjadi sangat mudah.

Kekurangan Topologi Hybrid, diantaranya yaitu:

Proses installasi dan pengaturannya cukup rumit.

Manajemen topologi hybrid sangat sulit dilakukan.

Biaya untuk membuat topologi ini cukup mahal.


Senin, 09 Agustus 2021

Materi 3 kelas XI Langkah-langkah membuat blog

 Langkah-langkah Cara membuat blog 


  1. Kunjungi situs blogger.com. Tampilan blogger yang baru ini, kadang membingungkan bagi anda   yang dulu pernah membuat blog di blogger. Namun, anda tidak usah bingung, Karena membuat blog di tampilan yang baru ataupun lama pada prinsipnya sama saja.
  2. Selanjutnya, klik Create Your Blog


Download disini Materi Kelas IX Langkah-langkah membuat Blog.doc

Download disini Materi Kelas IX Langkah-langkah membuat Blog.PDF 


3. Maka anda akan di haruskan untuk login terlebih dahulu menggunakan gmail. Jika  anda belum mempunyai akun gmail, anda bisa membuat akun gmail terlebih dahulu melalui link berikut. Jika sudah lalu masukkan email gmail anda lalu klik Berikutnya seperti gambar di bawah ini.

 


4. Lalu masukkan password gmail yang telah anda buat. Lalu klik Masuk 



5. Sebelum masuk ke blogger, anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat profil Gplus atau blogger terlebih dahulu. pada tutorial kali ini saya akan membuat  profil Google+. Klik Buat Profil Google+

 


6. Isi sesuai data diri anda, lalu klik Create Profile



7. Pada langkah ini, anda bisa mengubah avatar yang anda inginkan melalui tanda plus, lalu pilih gambar yang ingin anda gunakan sebagai avatar, lalu Klik Save. Atau anda bisa melewati langkah ini dengan menklik tombol skip 


8. Selanjutnya, anda hanya perlu mengkonfirmasi profil google plus yang telah anda buat. Dengan cara klik Lanjutkan ke Blogger 


 9. Sekarang anda telah masuk ke dashboard blogger di tampilan yang baru. Untuk membuat blog anda bisa mengklik tombol Buat blog baru

 


10. Lalu masukkan data blog yang ingin anda gunakan 



Nomor 1 adalah nama blog yang ingin anda gunakan.

Nomor 2 adalah URL blog yang akan digunakan nantinya.

Nomor 2 adalah template blogger yang akan digunakan

11. Pastikan alamat blog yang anda gunakan mempunyai status Alamat blog tersedia. agar tombol buat blog bisa di klik. 


12. Apabila Alamat URL anda tidak tersedia, maka tombol buat blog akan nonaktif (tidak bisa di klik). 



13. Jadi, masukkan alamat URL yang anda inginkan sampai memiliki keterangan Alamat blog ini tersedia. Setelah itu klik Buat Blog. 



14. Sampai pada tahap ini, anda telah berhasil membuat blog di blogger. Selamat!

15. Untuk Melihat seperti apa tampilan blog yang telah anda buat, anda bisa klik tombol Lihat Blog



16.  Biasanya template yang telah disediakan di blogger kurang menarik. Oleh karena itu, anda bisa mengubah template blogger sesuai dengan yang anda inginkan. Tapi, sebelum kita mengubahtemplat blogger, ada baiknya kita mengenal lebih Jauh tentang fungsi-fungsi menu yang ada pada dashboard blogger.

         Mengenal Fungsi Menu yang ada Pada Blogger

 


Pada tampilan blogger yang baru, akan ada beberapa perbedaan peletakkan menu di dalam dashboard blogger. Dan yang akan saya kenalkan berikut ini adalah fungsi menu yang terdapat pada blogger di tampilan yang baru.

  • Pos menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik Menampilkan jumlah pengunjung harian dan bulanan blog anda. Pada menu ini anda juga bisa melihat statistik sumber pengunjung. Tentunya, data yang di tampilkan melalui menu ini cukup akurat, sebagai parameter untuk mengetahui kesuksesan blog anda.

  • Komentar pada menu ini anda bisa memoderasi komentar yang masuk, anda bisa menyetujui, membatalkan bahkan menghapus komentar yang berasal dari pengunjung.

  • Kampanye menampilkan menu Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini. Untuk bisa menggunakan layanan AdWords google anda diharuskan membayar terlebih dahulu.
  • Laman menampilkan jumlah halaman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.

  • Tata Letak menampilkan tata letak blog anda. Disini, anda bisa menambah atau menghapus widget sesuai yang anda inginkan pada blog anda.

  • Template menampilkan pengaturan pada template blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Pengaturan menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.


Bagaimana cara membuat postingan di tampilan blogger yang baru?



Untuk membuat artikel/postingan baru anda bisa melihat tutorialnya berikut ini.

1. Klik menu pos lalu akan tampil tombol Entri baru klik tombol tersebut. 

2. Sebelum anda memulai menulis ada beberapa menuombol, atau navigasi yang perlu anda pahami          sebagai berikut : 


  • Nomor 1 judul pos/artikel anda.
  • Nomor 2 Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode compose dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode compose.
  • Nomor 3 Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda.
  • Nomor 4 Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau konten anda.
  • Nomor 5 Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
  • terakhir, nomor 6 merupakan tempat untuk menulis isi konten anda.

3. Jika konten atau artikel telah selesai, anda bisa menekan tombol Publikasikan 

Mengubah Template blog di Blogger 

Memang template yang di sediakan oleh blogger kurang menarik, tapi kita juga bisa mengubah template blogger sesuai yang kita inginkan dan tentunya menjadi lebih menarik. Untuk bisa mendapatkan template blogger anda bisa mencari mencarinya di gooyabitemplates ataupun di Btemplate. Namun jika anda ingin menggunakan template Brosense buatan mas sugeng anda bisa mendownload template BroSense melalui link berikut.

Download BroSense  ||  Demo

  1. Setelah anda mendownload template yang ingin anda gunakan, Masuk ke dashboard blogger dan            pilih menu Template 



  2. Lalu pilih Cadangkan/Pulihkan di bagian pojok kanan atas. 



3. Pilih Browse 








4. Akan muncul Windows Dialog baru, selanjutnya pilih template yang akan anda gunakan.                        Template  blogger mempunyai format atau type file XML document. Klik Open 

5. Selanjutnya klik Unggah untuk mengubah template blog di blogger. 



6. Selesai.



Untuk Melihat, apakah template blog anda telah berubah. Silahkan klik menu Lihat Blog. 

Download disini Materi Kelas IX Langkah-langkah membuat Blog.doc

Download disini Materi Kelas IX Langkah-langkah membuat Blog.PDF 

Minggu, 08 Agustus 2021

Materi 1 Bisnis Online Pay Per Click (PPC)


 


IKLAN PAY PER CLICK (PPC)

 

A.   Tujuan Pembelajaran





A.   Uraian Materi

 

1.   Konsep Pay per Click

 

Pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga pada iklan banner, direktori belanja seperti Nextag dan Shopping.com. Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.

a.    Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.

b.    Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.

       c.    Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.

d.    Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.

e.    Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.


Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.

a.    Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial)

b.    Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.

c.    Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan  

     keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang (click- through rate [CTR]),         

     salinan  iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian).

 

Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks (ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).


URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.


Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.

a.    Kepala(heading): maksimum 25 karakter.

b.       Line 1: maksimum 35 karakter.

c.       Baris 2: maksimum 35 karakter.

d.       URL Tampilan: maksimum 35 karakter.

e.       Tidak ada tAnda seru berulang.

f.        Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.

g.       Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakana.

h.       Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.

i.        Nomor produk dapat digunakan.

  

Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang, mendaftar sekarang, beli sekarang. Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.

 

Untuk iklan PPC di Facebook Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke aset di Facebook (sebuah halaman, event, aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke eksternal website web.


1.   Optimasi PPC

Bagaimana Anda tau iklan Anda bekerja dengan baik? Apakah iklan yang Anda buat sudah bekerja optimal? Untuk menjawab hal tersebut ada beberapa faktor dapat Kalian lakukan yaitu.

a.    Memilih Kata Kunci yang Tepat

Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan agar iklan dapat ditampilkan. Kalian harus dapat membuat Daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.

1)    Luas (Broad)


Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim). Katakanlah Anda telah memilih kata kunci berikut.


2)    Frase(Phrase)

Pencocokan frase, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frase match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian. Contoh.


 

3)    Sama persis(Exact)

Sama persis, dilambangkan dengan tAnda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih. Contoh.



4)    Negatif(Negative)

Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tAnda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan. Contoh.