YASTI

Rabu, 12 April 2017

Budidaya Pepaya

Cara-Menanam-Pepaya  – Pepaya (Carica papaya) adalah buah-buahan tropis. Tanaman ini dipercaya berasal dari daerah tropis di benua Amerika. Dari tempat ini menyebar ke beberapa belahan bumi. Budidaya pepaya bisa diperbuat di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Tetapi ketinggian lahan optimalnya berkisar 50-700 meter dpl. Tanaman ini menghendaki curah hujan kurang lebih 1000-2000 mm per tahun yang merata sepanjang tahun. Di daerah bermusim kering pohon pepaya tetap bisa berbuntut dengan bantuan penyiraman teratur.
Drainase tanah yang baik sangat diperlukan dalam usaha budidaya pepaya. Genangan air bakal menyebabkan basi akar pada tanaman pepaya. Tanaman ini menghendaki tanah gembur dengan porositas yang baik dan pH tanah kurang lebih 6-7. Pepaya adalah tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga 3 meter. Batang pepaya berongga, jaringannya lunak dan berair. Tanaman ini mempunyai akar tunggang dan akar samping yang lunak. Pertumbuhan akar dangkal dan agak lemah. Bunga pepaya tumbuh pada ketiak daun, baik berupa bunga tunggal maupun rangkaian. Tersedia tiga tipe bunga pepaya, yakni bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna (mempunyai putik dan benang sari alias hemafrodit).


Jenis Jenis Pepaya

Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya

Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya – Pada awalnya, tanaman buah pepaya hanya memiliki satu varietas saja. Seiring dengan berkembangnya zaman, kini telah banyak ditemukan varietas pepaya.
Di Indonesia saja ada begitu banyak varietas pepaya. Apalagi di luar Indonesia yang mungkin lebih banyak jumlahnya daripada di Indonesia. Lantas, apa-apa saja jenis varietas pepaya yang ada di Indonesia?
Advertisement
Pepaya merupakan salah satu jenis tanaman berbuah yang paling banyak dibudidayakan. Pada saat ini, pepaya telah memiliki begitu banyak varietas yang menyebar keseluruh dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia, pepaya memiliki begitu banyak varietas yang menyebar keseluruh pelosok daerah.
Apa-apa saja varietas pepaya unggulan yang telah menyebar di Indonesia? Varietas pepaya yang telah menyebar di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.

Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya

Varietas pepaya yang ada di indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.
Jenis Pepaya cibinong
Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya
Pepaya cibinong merupakan salah satu jenis pepaya yang tumbuh di Indonesia. Ciri-ciri dari pepaya cibinong adalah memiliki bentuk yang panjang serta pada ujungnya terlihat lancip. Pada bagian pangkal buahnya kecil. Namun, semakin kebagian tengah buah pepaya akan terlihat semakin membesar.Tulisan terkait Manfaat Buah,Daun,Biji Gizi Pepaya

Pepaya cibinong memiliki warna kulit bagian luarnya hijau. Pada bagian ujung buah akan terlihat warna kuning yang berbeda dengan warna kulit bagian lainnya. Warna kulit buah tersebut merupakan warna kulit buah ketika pepaya cibinong sudah matang. Namun ada juga pepaya cibinong yang sudah matang warna kulitnya kuning keseluruhan.
Yang membedakan antara pepaya cibinong dengan pepaya lainnya adalah warna buah bagian dalamnya merah kekuningan. Rasa buah pepaya cibinong ini manis serta rasanya segar ketika dimakan. Untuk satu buah pepaya cibinong memiliki berat sekitar 2,4 kg. Kulit bagian luarnya terasa kasar sehingga mampu bertahan lama ketika diangkut.
Jenis Pepaya hawai
Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya
Pepaya hawai merupakan pepaya yang memiliki ukuran yang kecil serta beratnya yang hanya mencapai 0,6 kg. Karena ukurannya yang kecil membuat pepaya hawai hanya bisa dimakan oleh satu orang saja. Saat ini pepaya hawai lebih dikenal dengan sebutan pepaya solo. Sebutan tersebut diberikan kepada pepaya hawai karena pepaya hawai hanya bisa dimakan oleh satu orang saja.
Ciri-ciri dari pepaya hawai adalah yang pasti memiliki ukuran yang kecil. Kulit buah yang telah matang akan berwarna kuning. Rasa daging buah pepaya hawai ini sangat manis dan rasanya segar ketika dimakan.
Sangking manisnya buah pepaya hawai ini membuat rasanya tidak hilang hingga 2 jam setelah memakannya. Daging buah pepaya hawai bisa dikatakan tebal sehingga dapat memuaskan penikmatnya ketika memakan pepaya hawai ini.simak juga 4 Penyakit Tanaman Pohon Mangga Paling Mematikan
Jenis Pepaya bangkok
 Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya
Sesuai dengan namanya, pepaya bangkok merupakan pepaya yang berasal dari Bangkok, Thailand. Pada tahun berapakah pepaya bangkok masuk ke Indonesia? Pepaya bangkok masuk ke Indonesia pada tahun 1970. Pada saat itulah pepaya bangkok masuk ke Indonesia lalu dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Advertisemen
Pepaya bangkok dikenal dengan pepaya yang unggul. Mengapa pepaya bangkok dikatakan unggul? Hal tersebut dikarenakan pepaya bangkok memiliki ukuran buah yang sangat besar. Bobot buahnya saja bisa mencapai 3,4 kg. Dibandingkan dengan pepaya lainnya, pepaya bangkok inilah yang paling besar.
Selain itu, pepaya bangkok juga memiliki rasa yang manis serta daging buahnya yang tebal. Seperti buah-buah yang berasal dari bangkok lainnya yang besar-besar, pepaya bangkok pun memiliki bentuk yang besar.
Jenis Pepaya Mas
Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya
Pepaya mas merupakan salah satu dari sekian banyak jenis pepaya yang telah ada di Indonesia. Ciri-ciri dari pepaya mas adalah memiliki tekstur yang keras pada bagian luar kulitnya. Apabila diangkut, pepaya mas ini tidak mudah rusak karena kulit bagian luarnya memiliki tekstur yang keras sehingga tahan terhadap goncangan.
Kulit pepaya mas berwarna kuning pada saat matang maupun pada saat mentah. Yang membedakan antara pepaya mas matang dengan mentah adalah apabila dipegang pepaya yang telah matang terasa lebih lunak tetapi tidak terlalu lunak. Sedangkan pepaya mas yang masih mentah apabila dipegang masih keras.
Pepaya mas termasuk pepaya yang sudah langka. Hal tersebut dikarenakan seikitnya orang yang membudidayakannya karena sulitnya untuk membudidayakan pepaya mas ini. Hanya pada daerah tertentu saja kita dapat menemukan pepaya mas.Tulisan terkait Supaya Panen Buah Mangga Melimpah Gunakan Cara Ini
Jenis Pepaya Arum bogor
jenis pepaya arum bogor
Seperti namanya, pepaya arum bogor berasal dari salah satu daerah yang ada di Indonesia, yaitu di daerah Bogor. Salah satu universitas di Bogor telah meneliti sebuah pepaya lalu kemudian diberi nama pepaya arum bogor. Ciri-ciri dari pepaya arum bogor adalah memiliki ukuran buah yang kecil.
Ukuran buahnya yang kecil membuat pepaya arum bogor hanya dapat dikonsumsi oleh satu orang saja. Ukuran buah yang kecil inilah yang saat ini tengah dicari oleh penggemar pepaya. Ada beberapa hal yang membuat konsumen pepaya memilih pepaya yang berukuran mini. Diantaranya seperti mudah dibawa kemana-mana dan tidak busuk karena disimpan akibat tidak abis ketika dimakan.
Bobot pepaya arum bogor ini adalah sekitar 0,6 kg. Tekstur daging pepaya arum bogor ini sangat lembut sehingga mudah ketika disendoki. Pada saat sudah masak, daging buah pepaya arum bogor akan berwarna jingga. Sedangkan warna kulit buahnya adalah hijau muda. Kulit buah memiliki tekstur yang kasar.

Jenis Pepaya red lady
Macam Varietas Jenis Pepaya Unggulan Budidaya
Pepaya red lady dikenal dengan pepaya yang memiliki tingkat kemanisan yang tinggi. Untuk satu buah pepaya saja tingkat kemanisannya bisa mencapai lebih kurang 13%. Dibandingkan dengan pepaya lainnya, pepaya red lady lah yang memiliki tingkat kemanisan yang tinggi.
Ciri-ciri dari pepaya red lady adalah memiliki kulit buah yang berwarna jingga pada pepaya yang telah matang. Sedangkan warna buah bagian dalamnya adalah jingga bercampur merah. Pepaya red lady memiliki bentuk yang memanjang. Ada juga pepaya red lady yang berbentuk lonjong serta bulat.
  • Pepaya Jantan. Pohon pepaya ini mempunyai bunga majemuk yg bertangkai panjang & bercabang-cabang. Bunga pertama tersedia pada pangkal tangkai. Ciri-ciri bunga jantan ialah putih/bakal buah yg rundimeter yg tak berkepala, benang sari tersusun dengan sempurna.
  • Pepaya Betina. Pepaya ini mempunyai bunga majemuk artinya pada satu tangkai bunga tersedia beberapa bunga. Tangkai bunganya sangat singkat & tersedia bunga betina kecil & besar. Bunga yg besar bakal menjadi buah. Mempunyai bakal buah yg sempurna, tetapi tak mempunyai benang sari, biasanya semakin berbunga sepanjang tahun.
  • Pepaya Sempurna. Mempunyai bunga yg sempurna susunannya, bakal buah & benang sari bisa meperbuat penyerbukan sendiri maka bisa ditanam sendirian. Tersedia 3 tipe pepaya sempurna, yaitu: Berbenang sari 5 & bakal buah bulat; Berbenang sari 10 & bakal buah lonjong; Berbenang sari 2 – 10 & bakal buah mengkerut; Pepaya sempurna mempunyai 2 golongan: Yang bisa berbunga & berbuntut sepanjang tahun. Yang berbuntut musiman.
Buah masak yg terkenal sebagai “buah meja”, tidak hanya untuk pencuci mulut juga sebagai pensuplai nutrisi/gizi khususnya vitamin A & C. Buah pepaya masak yg mudah rusak butuh diolah dijadikan makanan semacam sari pepaya, dodol pepaya. dlm industri makanan buah pepaya tak jarang dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna & kadar vitamin. Dalam industri makanan, akarnya bisa dipakai sebagai obat penyembuh sakit ginjal & kandung kencing.
Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut & sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap & untuk meningkatkan nafsu makan, dan bisa menyembuhkan penyakit beri-beri & untuk menyusun ransum ayam. Batang buah muda & daunnya mengandung getah putih yg berisikan enzim pemecah protein yg disebut “papaine” jadi bisa melunakan daging untuk bahan kosmetik & dipakai pada industri minuman (penjernih), industri farmasi & textil. Bunga pepaya yg berwarna putih bisa dirangkai & dipakai sebagai “bunga kalung” pengganti bunga melati alias tak jarang dibangun urap. Batangnya bisa dijadikan pencampur makanan ternak melewati proses pengirisan & pengeringanu.[kegunaaan pepaya]
Angin diperlukan untukpenyerbukan bunga. Angin yg tidakterlalu kencang sangat tepat bagi pertumbuhan tanaman. Tanaman pepaya tumbuh subur pada daerah yg memilki curah hujan 1000-2000 mm/tahun. Suhu udara optimum 22-26 derajat C. Kelembaban udara kurang lebih 40%.
Tanah yg baik untuk tanaman pepaya adalah tanah ynag subur & tak sedikit mengandung humus. Tanah itu wajib tak sedikit menahan air & gembur. Derajat keasaman tanah ( pH tanah) yg ideal adalah netral dengan pH 6-7. Kandungan air dlm tanah adalah syarat penting dlm kenasiban tanaman ini. Air menggenang bisa mengajak penyakit jamur perusak akar hingga tanaman layu (mati). Jika kekeringan air, nama tamanan bakal kurus, daun, bunga & buah rontok. Tinggi air yg ideal kurang dlm daripada 50–150 cm dari permukaan tanah.[